Beranda HOT NEWS

Rekor Peserta Gerakan 1000 Startup Digital Terbanyak di Pulau Sumatera

BERBAGI

Medan, Ditjen Aptika – Gerakan Nasional 1000 Startup di Sumatera mencapai rekor peserta terbanyak. Peserta yang hadir di Kabupaten Deli Serdang itu mencapai 1100 orang.

“Gerakan nasional 1000 Startup digital diharapkan dapat menjadi program yang memfasilitasi, melatih, dan menghasilkan SDM Digital yang berkualitas yang dapat memberikan solusi bagi bangsa ini melalui konsep digital entrepreneurship,” ungkap Sadjan, Sekretaris Direktorat Jenderal Aptika, di Aula Gedung Wilmbar Bisnis Indonesia, Medan Estate, Sabtu (31/08/2019).

Wirya selaku Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Medan, mengungkapkan bahwa era Revolusi Industri 4.0 telah membawa manusia menuju era perubahan, era pergeseran akibat banyaknya teknologi digital yang berperan di kehidupan sehari-hari.

“Diharapkan, adanya program pemerintah ini dapat mendukung generasi muda Sumatera Utara yang inovatif agar dapat bersaing di kancah global,” ujarnya.

Acara tersebut menghadirkan beberapa startup yang telah berhasil di bidangnya masing-masing.

Antara lain Angkie Yudistia (CEO Thisable Enterprise), Sofian Hadiwijaya (Founder Warung Pintar & Deep Tech Foundation), Yoshepine Sembiring (Founder Pak Tani Digital), Nila Marita Indireswari (Chief Corporate affair GOJEK), Agoez Perdana (CEO KabarMedan.com), Dikent Jingga (CEO & founder Invita) dan Rony Febrian (Founder Masara).

“Buat perusahaan jangan mikir seperti (zaman) dulu, mulai dari modal minimal yaitu passion, dengan mencari solusi dari permasalahan dan menciptakan inovasi. Hal terpenting untuk petani saat ini yaitu edukasi dengan mengubah mindset petani,” ungkap Yosephine Sembiring yang merupakan founder Pak Tani Digital.

Pesan Chief Corporate Affair Gojek dalam materinya mengungkapkan, peran generasi muda dalam memiliki ide yang dapat membantu masyarakat. Dengan membantu masyarakat maka uang akan datang dengan sendirinya. Salah satu moto Gojek, “Ketika kita punya tantangan, ketika mentok gak tahu harus bagaimana, selalu harus percaya pasti ada jalan.”

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan program yang diinisiasi dan dipromotori oleh Kementerian Kominfo. Saat ini program tersebut dijalankan oleh KUMPUL di 10 kota besar di Indonesia.

Adanya program 1000 Startup Digital bertujuan menyamakan standar dan memberikan hak yang sama bagi anak muda di seluruh Indonesia. Agar segenap komponen bangsa membangun ekosistem digital di daerah masing masing.

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here