Beranda INSPIRASI

Berapa Tarif Saya Sebagai Pembicara ? Ini Jawaban Blak-blakan

BERBAGI

Saya seringkali dihubungi oleh panitia berbagai acara yang bertanya, “Bang berapa ya untuk tarifnya sebagai Pembicara untuk acara kami?”

Saya kadang bingung mesti jawab apa, karena sampai sekarang saya gak pernah menetapkan tarif sekian-sekian untuk mengisi sebuah kegiatan apa pun, baik sebagai Pembicara, Pemateri, mau pun Trainer.

Pun walau acaranya diadakan di luar kota yang mesti naik pesawat, saya gak pernah minta dibelikan tiket pesawat mesti kelas bisnis atau hotel bintang lima. Ya sewajarnya saja, tiket kelas ekonomi dan hotel budget yang nyaman sudah cukup.

Karena saya sadar juga, panitia pasti sudah bekerja keras mengupayakan agar acara terlaksana dengan baik. Prinsipnya, kalau pun ada honor ya yang sewajarnya saja sesuai kesanggupan panitia.

Kalau diberi lebih oleh panitia, Ya Alhamdulillah. Gak dibayar setelah acara? Ya anggap saja sedekah ilmu kan jadi ladang pahala.

Jadi nanti kalau ada yang mau undang saya, please jangan tanya tarif lagi ya. Bisa-bisa nanti saya jawab, “Yang penting jangan cuma pulang dikasi nasi kotak, hehehe…”

Doakan saya tetap istiqomah dalam berbagi pengetahuan ya, insya Allah…

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here