Beranda TRAVELING

Mendapat Keluarga Angkat di Amerika Serikat

BERBAGI
ki-ka: Kathleen, Michael, Tom, Saya.

Mendapat keluarga angkat di Amerika Serikat lewat Home Hospitality yang merupakan salah satu kegiatan program International Visitor Leadership Program (IVLP), bersama pasangan suami istri Tom dan Kathleen.

Tom merupakan pensiunan Dinas Perencanaan dan Tata Kota Saint Paul, dan Kathleen pernah aktif di berbagai komunitas seni di Kota kembar Minneapolis dan Saint Paul.

Kami disambut hangat oleh keduanya, bersama Michael anak laki-laki mereka dan dijamu makan malam spesial yang diwarnai obrolan hangat tentang banyak hal.

Rumah mereka terletak di pinggiran Kota Saint Paul, di depan Danau Como yang beku. Dinginnya salju yang turun dan membuat tanah menjadi putih, menjadi hangat lewat cerita, canda, dan sambutan mereka.

Ada sebuah budaya di Amerika, jika kita diajak ke rumah mereka; berarti kita termasuk orang spesial. Karena berbeda dengan di Indonesia, menerima tamu di rumah bukanlah hal yang umum di Amerika.

Tom bahkan menanyakan dimana letak Kota Medan, lewat buku peta dunia miliknya. Maklum, beliau bukan lah generasi yang akrab dengan Google Maps ?

Kami pun saling bertukar cerita tentang segala hal tentang Amerika Serikat dan Indonesia, baik budaya, bahasa, wisata, hingga soal politik.

Ternyata, banyak orang Amerika yang tidak mengenal Indonesia dengan baik. Mereka baru berdecak kagum ketika tahu Indonesia sangat beragam dari suku, bahasa daerah, hingga jumlah pulau yang sangat banyak.

Kebanyakan orang Amerika tahu soal Asia hanya seputar Jepang, China, dan Korea. Dan mereka baru tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara besar di Asia baik dari luas wilayah hingga jumlah penduduk.

Kami juga belajar banyak hal soal Amerika, terutama soal budaya tertib dan disiplin. Serta bagaimana mereka tetap sehat dan tidak pikun setelah berusia lanjut.

Di akhir pertemuan, Tom berjanji suatu saat akan berkunjung ke Indonesia. Dan tentu saja, saya juga akan mengunjungi beliau dan keluarga jika suatu saat kembali ke Amerika.

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here