Beranda FEATURE Perusahaan Zaman Now

Perusahaan Zaman Now

Karena kebutuhan operasional dan transaksional perusahaan PT Kabar Medan Global, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening giro di salah satu bank syariah internasional.

Dari pengalaman saya mencoba membuka rekening giro perusahaan adalah mimpi buruk, karena biasanya bank meminta berbagai persyaratan ini itu, yang intinya mempersulit. Bank hanya mau membukakan rekening giro untuk perusahaan yang aliran transaksinya besar.

Entah juga karena alasan mungkin banyak perusahaan fiktif, yang hanya digunakan sebagai sarana pencucian uang atau perusahaan/nasabah bermasalah yang sudah di-black list oleh Bank Indonesia karena pernah menggunakan cheque/giro kosong.

Namun di bank syariah yang memiliki cabang di beberapa negara ini, semua urusannya sangat mudah. Bahkan mereka rela menjemput copy dokumen-dokumen yang disyaratkan.

Tak ada syarat harus survei kantor, atau minta surat referensi perusahaan lain yang sudah memiliki rekening giro di bank itu. Setoran awal dan saldo mengendap, serta biaya administrasi bulanannya pun tidak memberatkan.

Cerita punya cerita, mbak-mbak Customer Service bank syariah itu kelihatannya sangat penasaran, PT Kabar Medan Global ini perusahaan apa.

Saya jelaskan bahwa ini merupakan perusahaan yang me-manajemeni KabarMedan.com sebuah media online terkemuka di Kota Medan dan Sumatera Utara.

“Oia saya tahu pak kalau KabarMedan.com,” ucapnya yang membuat hati saya senang.

Saya jelaskan panjang lebar, termasuk dari mana sumber aliran pendapatannya baik secara online dan offline revenue.

Saya katakan, perusahaan zaman now itu ya yang seperti ini. Bukan lagi yang memiliki aset gedung mentereng, tanah dimana-mana, punya banyak alat transportasi bergerak, punya banyak karyawan, dll. Tapi perusahaan yang efisien secara operasional dan efektif dalam pekerjaan.

Kantor pun tak lebih hanya untuk kebutuhan alamat domisili atau urusan administrasi dan keuangan. Karena prinsipnya, perusahaan berbasis online bisa bekerja dari mana saja sepanjang ada laptop dan akses internet.

Bahkan bisa bekerja sambil nongkrong di kafe, meeting dengan klien via video call, kirim invoice via email, dan klien bisa memantau dari jauh hasil kerjanya yang terukur.

Tak perlu lagi pesawat telepon fixed atau mesin fax untuk kebutuhan komunikasi. Sebuah persyaratan mutlak yang biasanya diminta bank untuk “kejelasan” perusahaan, biasanya nomor telepon kantor fixed dan faksimile entah apa kegunaannya.

Customer Service bank syariah tersebut manggut-manggut mendengar penjelasan saya. Sambil dia mengutak-ngatik komputer memasukkan data-data perusahaan PT Kabar Medan Global.

Dokumennya bertumpuk sejibun, sampe dia sendiri mengeluh untuk membuka rekening giro saja selayaknya seperti hendak mengajukan pinjaman atau kredit. Padahal kan intinya ya kita mau nabung.

“Pak, akadnya mau Wadiah atau Mudharabah Muthlaqah untuk giro perusahaannya?,” ujar mbak-nya sambil menjelaskan perbedaannya. Saya pun akhirnya memilih akad Mudharabah Muthlaqah

Sejurus kemudian, selesailah pembuatan rekening giro PT Kabar Medan Global di bank syariah tersebut, dan rekeningnya langsung aktif untuk transaksi. Cuma harus menunggu 2-3 hari untuk pemesanan buku Cheque dan surat referensi bank.

Untuk transaksi, lalu lintas keuangan, lihat rekening koran bisa diakses di fasilitas internet banking dan mobile banking mereka. Jadi kalau mau cek saldo dan transaksi non tunai bisa dari gadget saja.

Cuma kalau mau tarik tunai saja butuh Cheque atau kalau mau kliring biasanya menggunakan Bilyet Giro. Karena aturan hampir semua bank, giro perusahaan tidak dilengkapi fasilitas Kartu ATM seperti nasabah perorangan.

“Semoga saldo giro perusahaannya nambah terus ya pak. Assalamu’alaikum,” ujar mbak Customer Service mengantar saya pamit yang langsung saya aminkan.

“Amin ya rabbal alamin. Terima kasih atas pelayanannya mbak. Wa’alaikumussalam,” jawab saya berlalu.

Komentar Via Facebook

4 KOMENTAR

  1. Perusahaan zaman sekarang itu media sosial. Gak harus punya karyawan yang banyak, gedung. Semoga makin maju ya bg kabarmedan ? oh ya bg agoez, ribet gak sih bg kalau buka tabungan untuk komunitas? Tadi itukan perusahan kan kabarmedan. Jadi komunitas gimana bg?

    • @Susan : Kalau buka tabungan utk komunitas biasanya diminta akte pendirian perkumpulan, sk kemenkumham pendirian perkumpulan, sk pengurus, sk domisili, stempel, dan kartu tanda pengenal pengurus yang punya otoritas melakukan transaksi. Lebih lengkapnya bisa tanya langsung ke bank nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here