Home » PRESS ROOM » Agoez Perdana : Wartawan Terlibat Tim Sukses Langgar Kode Etik

Agoez Perdana : Wartawan Terlibat Tim Sukses Langgar Kode Etik

[medanbagus.com] Koordinator Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Agoez Perdana, mengungkapkan bahwa wartawan yang menjadi tim sukses untuk pasangan calon tertentu dalam pemilihan Gubernur Sumatera Utara dianggap sudah melanggar kode etik.

Menurut Agoez, wartawan yang menjadi tim sukses akan kehilangan independensinya, sehingga sulit untuk menghasilkan berita yang berimbang. Keberimbangan berita dan independensi wartawan  harus dilakukan karena tercantum dalam Kode Etik Jurnalistik.

“Kalau di internal AJI kita akan memberikan sanksi karena termasuk pelanggaran profesi. Sanksi tersebut diberhentikan dari keanggotaan,” tegas Agoez Perdana kepada MedanBagus.com, di Hotel Putra Mulia Medan, Sabtu (16/2/2013).

Kerja wartawan itu, kata Agoez, demi memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik, jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan politik tertentu. Namun, ketidakpatuhan wartawan terhadap kode etik itu, tidak terlepas dari andil perusahaan pers tempat wartawan bekerja.

“Untuk wartawan di luar keanggotaan AJI yang terlibat di tim sukses, sebaiknya menghargai profesi yang disandang. Tinggal memilih saja apakah ingin jadi jurnalis independen atau jurnalis bayaran,” pungkas Agoez lagi.

sumber : http://www.medanbagus.com/news.php?id=6148

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website