Home » BRANDSTORMING ACADEMY » Tips Mempromosikan BRAND Anda Di Media

Tips Mempromosikan BRAND Anda Di Media

Siapa sih yang gak mau BRAND-nya dipromosikan di Media? di wawancara & tampil di koran, majalah, tabloid, tv, radio, bahkan media online?. Mungkin anda berpikir, wah kalau begitu saya harus menyiapkan budget yang besar untuk beriklan di media? eits, nanti dulu.. tidak harus begitu juga!

Rata-rata media apapun punya halaman/rubrik/program apapun yang mengangkat dunia bisnis/enterpreneurship. Manfaatkan halaman/rubrik program itu

Pertama yang harus anda lakukan adalah, persiapkan segala informasi tentang BRAND atau usaha anda, siapkan company profile sederhana sekalipun. Jika BRAND atau usaha anda sudah punya banyak prestasi, biasanya Media cenderung “mencari” untuk mewawancara anda tentang rahasia sukses anda.

Jika BRAND anda belum terkenal tidak mengapa, undanglah wartawan untuk “mencoba” BRAND atau produk anda. Tapi jangan memaksa mereka menaikkan beritanya. Percayalah, jika memang BRAND anda bisa menjadi inspirasi maka pasti akan di ulas di Media. Usahakan apa yang anda sampaikan ada NEWS VALUE-nya.

Apa itu NEWS VALUE? intinya adalah bukan semata “berita iklan/advertorial” belaka, tapi ada sisi non komersial yang bisa jadi inspirasi bagi orang lain. Tak perlu anda ceritakan pada media apa saja yg anda “jual”, tapi ceritakan kisah anda merintis kesuksesan BRAND anda, kisah jatuh bangun, tentunya yang inspiratif.

Jika BRAND anda adalah sebuah Franchise, maka nilai omset dan berapa aset franchise/jumlah outlet yang anda miliki itu punya NEWS VALUE yang tinggi.

Mungkin anda pikir, ah buat apa juga saya promosikan BRAND saya di Media? saya katakan, cobalah.. dan lihat efeknya ke sales revenue anda. Dengan sering diulas di Media dan masukkan di company profile anda, maka itu menjadi ADDED VALUE bagi BRAND anda untuk “dipercaya” orang.

Bingkailah guntingan koran/majalah, foto liputan, atau logo Media yang pernah mengulas BRAND anda & “tempel” di lokasi/outlet/gerobak anda. Mintalah bantuan teman anda yang jago desain untuk membuat “spanduk” kecil berisi liputan-liputan usaha anda di media yg bisa ditempel dilokasi/outlet/gerobak BRAND anda.

Mulailah mempromosikan BRAND anda di media lokal dulu, koran/majalah/tv/radio lokal di daerah anda yang ada rubrik khusus untuk enterpreneur.

Jika usaha anda dibidang kuliner, banyak juga program TV yg mengulas “kuliner” undanglah redaksi stasiun TV tersebut datang ke lokasi usaha anda.

Undanglah Media yang STP-nya sama dengan BRAND anda, jika produk anda “aksesories wanita” maka undanglah media untuk wanita, jangan undang media pria.

Kalau BRAND anda STP-nya untuk semua, maka lebih aman.. anda bisa mempromosikannya di media mana saja. Ingatlah selalu perhatikan STP!

Teman saya yang sudah “berhasil” mempromosikan BRAND-nya di media, misalnya: @HafizKRijal ownernya @dawetcahmbanjar coba deh liat outletnya, keren!

Terakhir, tetap jaga silaturahmi dengan media yang pernah “mengulas” anda.. bersahabatlah dengan mereka, selamat mencoba !  (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website