Home » SOCIAL MEDIA » Tips Blogging : Haruskah Memiliki Blog Dengan Satu Thema Khusus?

Tips Blogging : Haruskah Memiliki Blog Dengan Satu Thema Khusus?

Pertanyaan tersebut sering mengemuka dikepala saya, mungkin juga dikepala para blogger pemula. Memang sih biasanya para blogger menulis artikel di blog mereka sesuai dengan pekerjaan atau hobby yang mereka jalani. Ada blog tentang film, musik, fashion, kuliner, wisata, dll.

Penajaman thema blog dengan satu topik tulisan juga membuat niche pembaca makin tersegmen dan ini tentunya menguntungkan bagi para advertiser pemasangan iklan mulai dari Google Adsense sampai adsense-adsense gak jelas, hingga perusahaan yang mau membayar blogger agar produk mereka direview dalam postingan artikel atau istilah kerennya ‘Paid Review’, hehehe…

Namun ingat, gak ada aturan tentang topik khusus pada blog anda. Sebagai pemilik blog tentunya kita bebas menulis apa saja, namanya saja blog pribadi; kecuali anda menjadi admin dari blog corporate atau memang sengaja membuat blog dengan satu thema khusus.

Saya sendiri terus terang termasuk yang lebih suka diberi kebebasan menulis tentang apa saja, tidak ingin terkekang dalam satu pola pemikiran yang sempit. Dalam blog saya ini misalnya, bisa ditemukan beragam topik yang saya bungkus dalam satu kemasan yang semoga menarik J

Ada ‘Journalist Academy’ yang berisi artikel-artikel seputar Jurnalistik; ada ‘Communication Academy’ yang berisi artikel seputar Ilmu Komunikasi; pun ada ‘Brandstorming Academy’ yang berisi postingan-postingan yang berhubungan dengan dunia branding, promosi dan advertising.

Saya pun suka menulis ‘Fiksi’, berisi postingan-postingan yang berisi kisah-kisah yang mudah-mudahan tidak termasuk kategori cerpen picisan, hehehe… Ada kalanya saat sedang mendapat pengalaman yang kira-kira bisa dibagi kepada orang lain, maka saya menulis ‘Inspirasi & Motivasi’.

Tentunya sebagai orang dengan hobby jalan-jalan, saya masukkan pula rubrik ‘Traveling’ dalam postingan-postingan saya; isinya pasti seputar catatan perjalanan saya menjelajah berbagai wilayah. Lalu saya punya opini-opini atau artikel yang bersifat ‘news’ yang saya masukkan kedalam kategori ‘Feature’ termasuk dalam kategori ini tulisan-tulisan Paid Review, hehehe…

Intinya sah-sah aja kalau Blog anda hanya membahas tentang satu thema atau topik tulisan, tapi tak haram juga jika anda menulis banyak hal sepanjang postingan anda tersebut menarik orang untuk membacanya. Selamat Nge-Blog! (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook

7 thoughts on “Tips Blogging : Haruskah Memiliki Blog Dengan Satu Thema Khusus?

  1. tumben bahasa tulisannya bukan BI dengan EYD, bro? ;-[)

    1. agoezperdana berkata:

      @vinsensius : kita fleksibel bro, mana aja jadi.. hehehe..

  2. Nich berkata:

    Kurasa memang udah pas CMS seperti WordPress pasang fasilitas ‘kategori’.

    Saya malah pernah ngikutin satu blog dengan niche yang benar-benar sempit..etapi tiba-tiba dia cerita soal dapurnya yang berubah jadi kaya’ kapal pecah; gara-gara dia belajar masak.

    Justru menciptakan keterikatan emosional dengan sosok nara-blog itu 😀

    1. agoezperdana berkata:

      @Nich : Nah, sekarang tinggal pilih mau ngikutin mazhab yang mana, Blog sengan satu thema khusus atau thema kapal pecah.. :))

  3. CeritaMedan berkata:

    sejak kapan ada mazhab untuk blog? hadoh, semoga thema yang ini tak direview panjang :p

  4. Salman Kalista berkata:

    namanya juga web log 😀
    ya apapun yang di tulis kembali sama yang nulis…
    🙂
    tinggal masalah kejelian penyajian dan ktertarikan pembaca..

  5. Cerita Surabaya berkata:

    Saya pikir blog adalah salah satu media untuk menumpahkan apa yang kita punya dan gak mesti-mesti banget sih punya tema khusus untuk blog. Tapi kalo mau jadi perfectionist sih memang gitu jalannya, ya gimana lagii…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website