Home » BRANDSTORMING ACADEMY » Teknik Mempromosikan Diri Yang Baik Dalam Personal Branding

Teknik Mempromosikan Diri Yang Baik Dalam Personal Branding

Dalam seni Personal Branding salah satu hal yangg penting diperhatikan adalah, bagaimana anda mempromosikan diri anda kepada orang-orang. Orang-orang yang dimaksud disini adalah: Lingkungan, Komunitas, Rekan Sejawat, atau siapa saja mereka yang mengenal maupun tidak mengenal anda.

Mempromosikan diri dalam Personal Branding berarti anda secara sengaja dan sadar mengeluarkan “aura” persepsi orang tentang anda. Apa saja hal-hal yang sebaiknya anda “promosikan” kepada orang-orang tentang diri anda?

1. Jaga ATTITUDE atau sikap & perilaku. Tunjukkan “attitude” yang baik kepada siapa saja, tanpa memandang suku, agama, ras, antargolongan.

2. Perhatikan APA YANG ANDA PAKAI termasuk cara berpakaian dan yang melekat di tubuh anda, bau badan, makeup, dll. Usahakan secara wajar. Berpakaianlah rapi & sesuaikan dengan suasana, jagalah bau badan anda, perhatikan gaya rambut, makeup jangan berlebihan (bagi wanita).

3. Perhatikan KATA-KATA YANG KELUAR DARI MULUT ANDA berbicaralah dengan sopan dan santun kepada siapa saja.

4.  Selalulah UPDATE CV ANDA, walau anda tak berencana melamar kerja. Update secara berkala, terutama kompetensi & pengalaman yang anda miliki. Usahakan CV anda singkat, tak perlu berlembar-lembar. Tapi secara singkat orang bisa tahu siapa anda & apa kompetensi anda dengan melihat CV anda.

5. Untuk yang berprofesi sebagai Karyawan, jangan ragu untuk mengerjakan pekerjaan apapun walau bukan jobdesk anda. Dengan memiliki banyak kompetensi akan baik untuk karir anda. Seorang leader, apakah itu Supervisor, Manager, atau Direktur diangkat karena ia memiliki kompetensi lebih daripada karyawan yang lainnya.

6. Untuk yang berprofesi sebagai Enterpreneur, jangan lupa berikan layanan terbaik kepada customer/partner anda. Buatlah mereka percaya dan tidak ragu berbisnis dgn anda.

7. Jangan biarkan mood mengendalikan hidup anda. Orang-orang cenderung tidak suka berinteraksi dengan mereka yang suka mood-moodan.

8. Kendalikan emosi anda, jangan sering mengumbar emosi negatif di depan orang-orang. Sebarkanlah emosi positif seperti, Tersenyum, Memuliakan orang, Memaafkan, dsb.

9. Rajinlah menyebar kartu nama, paling tidak kartu nama anda bisa “menyebutkan” siapa anda dan apa kompetensi anda. Jangan suka berganti nomor ponsel, itu akan membuat kolega, atau mungkin klien, susah menghubungi anda untuk sebuah peluang karir atau bisnis.

10. Narsis itu penting, tapi jangan sampai berlebihan. Usahakan “tampilkan” hal-hal baik dari diri anda tanpa membuat orang muak melihat anda.

11. Jika punya akun social media, bagikanlah sesuatu yang membuat friend atau follower anda “merasa penting” untuk melihat postingan-postingan anda, daripada sekedar melihat keluh kesah dan kegalauan-kegalauan anda.

12. Bagi yang sudah berkeluarga, jaga keharmonisan rumah tangga anda.Tak ada guna punya Personal Branding bagus tapi rumah tangga anda berantakan!

14. Keseimbangan Jasmani-Rohani sangat penting dalam Personal Branding; jalankan kehidupan dunia-akhirat anda sesuai agama/kepercayaan masing-masing.

Ingatlah satu hal, punya Personal Branding bagus akan sangat berguna bagi Kehidupan, Karir, Pergaulan, dan Kesuksesan anda! (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website