Home » OPINI » Siapa Bilang Orang Indonesia Ramah-Ramah?

Siapa Bilang Orang Indonesia Ramah-Ramah?

krl1

Orang bilang, terutama para wisatawan mancanegara; orang Indonesia itu ramah-ramah. Entah darimana asal anggapan itu. Mungkin bagi bule-bule itu orang Indonesia dianggap ramah karena ‘suka ngobrol’ dan berbicara, menyapa, dan bergaul. Berbeda dengan kebanyakan orang-orang di luar negeri sana yang cenderung individualistis. Hidup dalam dunianya sendiri, dan tak perduli dengan sekitar.

Tapi benarkah orang Indonesia itu ramah-ramah? Banyak juga koq, orang di Indonesia yang hidup dalam dunianya sendiri. Sibuk sendiri dengan gadgetnya, dan tak perduli dengan sekitarnya. Bahkan sambil bawa motor atau nyetir pun bisa sambil SMS-an. Luar biasa kan?

Lihat juga bagaimana gragasannya orang Indonesia berlalu lintas. Selip sana, selip sini. Makian dan umpatan, bahkan tak jarang adu mulut hingga adu fisik mewarnai riuhnya suasana lalu lintas. Tak ada sama sekali keramahan ketika kita berada di jalan raya.

Fasilitas umum pun rata-rata tak ada yang berfungsi dengan baik. Mulai dari telepon umum di pinggir jalan yang entah kabelnya tidak ada; atau cuma tersisa gagang teleponnya ~ hingga hilangnya detector tsunami yang dipasang ditepi laut. Terdengar pula kabar, jika baut-baut jembatan suramadu banyak yang berhilangan karena dicuri dan dijual kiloan; sama seperti nasib bantalan rel kereta api, duh!

Entah apa yang teratur dan tertib di Indonesia ini. Meminjam istilah orang Medan, yang penting jangan kalah MOP! Acit nai! (/@agoezperdana-2013)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website