Home » ARTIKEL PILIHAN » Personal Branding For Business

Personal Branding For Business

Dalam sebuah bisnis, keberhasilan bukan hanya semata berdasarkan pada Company Branding, namun juga dipengaruhi Personal Branding. Personal Branding for Business, artinya anda sebagai pemilik sebuah bisnis harus bisa memposisikan diri sebagai ‘Ambassador’ dari Company anda.

Banyak pemilik sebuah bisnis yang namanya turut berkibar dan menjadi ‘Icon’ brand mereka, misal : Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs. Ketika nama mereka disebut, orang langsung teringat dan percaya dengan ‘brand’ company mereka justru karena figur si pemiliknya tersebut.

Dengan Personal Branding yang bagus, akan membuat anda lebih mudah untuk mendekati calon customer bagi company anda. Sama halnya seperti seorang klien mau berbisnis dengan sales dari sebuah company; biasanya transaksi terjadi bukan karena ‘nama besar’ companynya, namun karena kedekatan antara sales dengan kliennya. Maka tak heran, jika si sales pindah ke company lain; biasanya ia akan ‘membawa’ kliennya itu.

Nah, bagaimana cara membangun Personal Branding yang bagus untuk bisnis anda? Jadilah seorang ‘Duta’ dari company anda! Pakailah produk company anda sendiri; orang lain tak akan mau membeli, jika anda sendiri tak mau memakai produk company anda!

Dalam setiap kesempatan, berbincanglah tentang bisnis anda. Namun jangan sekali-kali memaksa orang untuk membeli. Jangan tergesa-gesa dalam menjual! Anda pasti tak suka setiap ketemu teman, selalu prospek soal MLM, Asuransi, dll & memaksa membeli kan? Begitu juga dengan calon customer anda.

Dalam setiap kesempatan pakailah atribut company anda, misal : t-shirt, topi, dll. Tanpa anda memulai obrolan pun, orang akan penasaran. Bagi anda pengusaha UKM, sangat penting mengasosiasikan ‘Personal Branding’ anda dengan ‘Company Branding’ untuk membangun awareness customer.

Jika punya akun social media, manfaatkan untuk mempromosikan company anda. Tetapi jangan terlalu sering, secukupnya saja. Penampilan dan perilaku yang buruk akan berpengaruh pada company anda, perbaiki penampilan dan perilaku anda, tapi tidak perlu sampai berlebihan.

Ada 3 hal penting yang membuat Personal Branding anda bagus buat bisnis anda : TTS (Think, Talk, Service).

1. Think, berfikirlah selalu apakah secara ‘Personal Branding’ anda sudah memadai bagi keberhasilan bisnis anda.

2. Talk, berbicaralah kepada siapapun baik dia customer anda atau bukan secara santun. Orang-orang suka kepada mereka yang berbicara santun.

3. Service, berikanlah pelayanan terbaik anda kepada customer; tanamkan dalam pikiran anda : ‘Customer Adalah Raja’

Sharing saya sebelumnya tentang ‘Membangun Personal Branding’ bisa jadi referensi; gunakan untuk keberhasilan bisnis anda! (/@agoezperdana-2012)

 

Komentar Via Facebook

2 thoughts on “Personal Branding For Business

  1. Wahyu Blahe berkata:

    Dengan modal TTS doank udah bagus lah personal branding itu ya, salut juga awak baca artikelnya..

    1. Agoez Perdana berkata:

      Yoii.. Think Talk Service yaa.. bukan Teka Teki Silang, hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website