Perlis: Negeri Kecil di Malaysia Dengan Sejuta Pesona

Istana Arau

Perlis, sebuah negeri yang terletak di utara semenanjung Malaysia, berbatasan langsung dengan Thailand selatan. Daya tarik Perlis adalah suasana pedesaan yang memiliki sejumlah tujuan wisata andalan, mulai wisata sejarah, budaya, ekoturisme, kuliner, dan belanja.

Selain itu, Perlis juga dekat dengan tujuan wisata terkenal Pulau Langkawi. Dari Kuala Perlis ke Pulau Langkawi dapat dicapai dengan kapal ferry dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.

Untuk menuju Perlis dari Kota Medan, anda dapat menggunakan penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu ke Penang International Airport, Pulau Pinang, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit; dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Pulau Pinang – Perlis selama 2,5 jam.

Ibukota Perlis, yaitu Kota Kangar, posisinya sangat strategis. Anda juga dapat menuju Perlis dari Kuala Lumpur dengan naik kereta api.

Kegiatan belanja di Padang Besar, yang terletak dekat perbatasan Thailand, merupakan surga belanja yang tak boleh anda lewatkan untuk membeli oleh-oleh karena tersedia berbagai barang-barang lokal, dan barang-barang dari Thailand dengan harga yang relatif murah.

Konsep utama pariwisata Perlis adalah suasana alam pedesaan yang nyaman dan tenang. Fasilitas akomodasi dengan latar panorama persawahan yang hijau, membuktikan jika pariwisata Perlis memang dibangun dengan kesadaran ekoturisme yang tinggi.

Secara administrasi, negeri-negeri di Malaysia dipimpin oleh seorang Sultan –kecuali di Perlis disebut Raja. Selama masa periode 5 tahun, 13 orang Sultan yang merupakan pemimpin resmi kerajaan-kerajaan yang ada di Malaysia, secara bergiliran menduduki jabatan Sultan Malaysia, terkenal dengan gelar Yang Dipertuan Agong.

Saat ini, Raja negeri Perlis adalah DYMM Tuanku Syed Sirajuddin Ibni Tuanku Syed Putra Jamalullail. Beliau pernah dua kali menjadi Yang Dipertuan Agong Malaysia.

Selama masa menjadi Yang Dipertuan Agong; tampuk pimpinan kerajaan yang ditinggalkan dipegang sementara oleh Raja Muda Perlis yaitu anak beliau, DYTM Tuanku Syed Faizuddin Putra Ibni Tuanku Syed Sirajuddin Jamalullail.

Jangan lupa mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Perlis, seperti Mesjid Terapung Al-Hussein, Gua Kelam, Rimba Herba, Kuala Perlis, Dataran Keris, Perlis State Park, Museum Kota Kayang, Galeri Diraja Istana Arau, Wang Kelian Market, dan lainnya.

Masjid Terapung, Perlis

 

Museum Kota Kayang, Perlis

 

Galeri Diraja Arau

 

Rimba Herba Perlis

 

Gua Kelam

 

Hidangan Laut di Kuala Perlis

Komentar Via Facebook