Home » BRANDSTORMING ACADEMY » Pentingnya Memahami Product Knowledge

Pentingnya Memahami Product Knowledge

Jika anda sudah memiliki BRAND, maka sangat penting bagi anda untuk menanamkan pemahaman tentang “Product Knowledge” kepada semua staff anda. Dengan staff anda memahami Product Knowledge yang baik, maka penjualan anda dijamin akan meningkat. Bagaimana cara memberikan pemahaman itu?

Saya akan beri contoh beberapa kasus dimana staff sebuah BRAND tidak memiliki pemahaman yang baik tentang Product Knowledge produk & layanan BRAND-nya. Saya pernah makan di sebuah cafe, kebetulan lagi ada promo diskon 50% menggunakan kartu kredit sebuah Bank dengan nilai transaksi tertentu.

Saya coba tanyakan kepada seorang Waiter, bagaimana mekanisme promonya? Dia menjawab, “Jika bapak bayar pakai ATM Bank “X” maka dpt diskon 50%; Lho? saya heran, jelas di banner promo menggunakan kartu kredit, kenapa si waiter bilang kartu ATM? saya coba konfirmasi lagi kepada si waiter. Dia kelihatan bingung, tidak bisa bedakan antara kartu kredit denggn kartu ATM. Padahal mana pernah kartu ATM digunakan sebagai alat bayar di café

Kasus lain, seorang sales provider telekomunikasi datang ke kantor saya menawarkan produk kartu pasca bayar, dia bilang lagi ada promo utk paket BlackBerry. Dia tawarkan promo BIS Unlimited hanya separuh dari harga normal hingga akhir tahun, saya tanya, “akhir tahun 2012?” Iya pak, katanya.

Saya pun membeli product kartu pasca bayar yang dia tawarkan, ketika mau aktifkan paket BlackBerry enggak bisa. Saya telepon ke call centre provider itu. Si CS katakan promo paket BB Unlimited separuh harga mereka hanya sampe Feb 2012 saja, karena promo sudah dimulai dari Des 2011.Saya kecewa.

Nah, saya jadi kecewa dengan BRAND-nya, bukan dengan waiter atau sales itu. Saya merasa “ditipu”; mungkin anda pernah mengalami hal yang sama.

Dari kasus ini, terlihat sangat penting memberikan pemahaman Product Knowledge yang baik kepada semua staff anda,bukan hanya pada Sales Force. Bahkan Sales Force pun bisa salah memberikan informasi tentang BRAND-nya, walau hanya sekedar promo! Apa dampaknya kepada konsumen?

Jika customer merasa ditipu, bisa jadi dia tidak mau lagi menggunakan atau membeli BRAND anda. Hanya gara-gara tidak paham “Product Knowledge”; Saya pernah jadi Team Leader untuk sebuah event activation sebuah BRAND susu & popok bayi. Sebelum mulai bekerja, kami diberikan “training”. Saya sebagai Team Leader & para SPG wajib tahu “Product Knowledge” BRAND itu, termasuk Frequently Asked Question yang biasanya ditanyakan konsumen.

Jadi ketika menerima karyawan, masa training sangat penting bukan hanya menjelaskan mekanisme cara bekerja, tapi pemahaman soal produk. Dan benar saja, ketika terjun ke lapangan team saya dihadapkan dengan seribu satu tanya konsumen, termasuk konsumen yang cenderung membandingkan dengan BRAND kompetitor.

Cukup satu kesalahan dari staff atau sales force anda, maka hancurlah BRAND anda walau anda pikir hanya kehilangan beberapa orang konsumen. Penting untuk memberikan pemahaman kepada semua staff anda agar tahu Product Knowledge, karena sebenarnya mereka semua sejatinya adalah BRAND Ambassador anda. (/@agoezperdana)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website