Home » BRANDSTORMING ACADEMY » Maksimalkan Sales Anda Dengan WOM

Maksimalkan Sales Anda Dengan WOM

Tahukah anda, salah satu sarana promosi yang bagus adalah “WOM” (Word Of Mouth) atau “Promosi Dari Mulut Ke Mulut” dari orang-orang tentang BRAND anda. Bagaimana cara agar BRAND kita “dibicarakan” orang? prinsipnya, “JIKA ANDA PUAS BERITAHU ORANG LAIN, JIKA TIDAK PUAS BERITAHU KAMI”.

WOM adalah salah satu sarana promosi yang paling murah tanpa biaya, sekaligus mahal karena anda harus menyiapkan semua yang terbaik dari BRAND anda. Pernahkan anda makan di sebuah warung/resto/kafe, dan kembali makan kesitu bahkan mengajak serta teman anda? apa yang membuat anda kembali?

Paling penting dalam usaha anda agar BRAND “dibicarakan” orang, ada 3 aspek utama: 1. HARGA, 2. PELAYANAN, 3. PURNA JUAL.

Usahakan “HARGA” jual produk anda masuk akal, kecuali yang anda jual memang premium branded. Orang malas kembali membeli ke tempat yang harganya mahal.

Beri PELAYANAN terbaik, mulai pelanggan memasuki toko anda/sampai dia membeli; tapi RAMAH bukan berarti anda mengikuti kemana-mana calon pembeli, itu malah membuat tak nyaman. Biarkan calon pembeli melihat-lihat dan memilih barang apa yang hendak dibeli. Senyum tulus itu salah satu hal yang membuat orang kembali ke toko anda, bukan senyum “ROBOT”, sebal kan kita disenyumin sama pelayan yang kayak robot.

Layani KOMPLAIN pelanggan dengan baik, jangan takut rugi. Justru anda akan rugi lebih banyak jika 1 orang saja yang komplain dan ia bercerita ke orang-orang lain tentang buruknya BRAND anda.

Sadarilah, jika pelanggan KOMPLAIN itu karena dia perduli. Coba dia tak mau pakai produk anda? jadikanlah pelanggan raja, layani dengan baik. Ingat, anda akan selalu punya kompetitor.Pelanggan akan gampang beralih ke produk kompetitor jika dia tak puas dengan anda. Itu hak prerogatif pelanggan.

Ingat, UU Konsumen:

Pasal 1 : Pelanggan gak pernah salah;

Pasal 2 : Jika pelanggan salah, lihat pasal 1 !

Bahkan, kalau bisa siapkan divisi “Purna Jual” dalam bisnis anda, yang tugasnya khusus melayani keluhan pelanggan. Buka hotline pengaduan! Pelanggan akan merasa dekat dengan anda, jika dia merasa KOMPLAIN-nya diselesaikan dengan baik. Siapa tahu dia order dengan nilai lebih gede dari anda.

Pernah coba pakai BRAND AMBASSADOR? tak perlu bayar artis mahal buat “cuap-cuap” soal produk anda; mintalah teman-teman anda yang punya banyak massa untuk test produk. Minta mereka memberi testimoni tentang BRAND anda, kalau perlu beri gratis produk tester anda dan mintalah mereka “gunakan” di setiap kesempatan.

Misalnya jika anda usaha butik, cari 1 atau 2 orang teman anda yg kira-kira “tukang gosip” untuk memakai pakaian dari butik anda. Minta mereka gosipin ke teman-teman yang lain, bahwa mereka pakai produk dari butik anda. Tidak mengapa anda rugi 1 atau 2 pakaian/aksesories, tapi dapat pembeli lebih banyak, betul gak?

Dalam promosi “WOM”, yang paling penting adalah, jadikan BRAND anda menjadi “TOP MIND” dalam benak pelanggan. Selamat mencoba ! (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website