Home » ARTIKEL PILIHAN » Kode Etik Blogger

Kode Etik Blogger

kode-etik-blogger

Ilustrasi foto courtesy : cyberline13.wordpress.com

Sobat Blogger, terkadang tanpa sadar dalam postingan kita secara gak sengaja melakukan “pelanggaran-pelanggaran” yang bersifat etika. Nah, oleh sebab itu kita perlu juga mengetahui kode etik blogger; dan juga untuk menghindarkan kita dari jerat hukum tertentu, misalnya jeratan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) :

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Selanjutnya, tercantum di Pasal 45 UU ITE, sanksi pidana bagi pelanggar pasal 27 ayat (3) yaitu penjara enam tahun dan denda maksimal Rp 1 Miliar.

Sebenarnya pasal 27 ayat (3) UU ITE ini bisa disebut pasal karet, karena gak dijelaskan bentuk “transmisi elektronik” yang dimaksud apa saja; sehingga terkadang penegak hukum suka memakai pasal ini untuk menjerat pelanggaran yang terjadi di dunia maya, mulai dari postingan update status yang berbau SARA di Social Media, atau berisi hinaan kepada orang/masyarakat tertentu, atau postingan yang dirasa merugikan atau mencemarkan pihak lain, sampai kepada pemberitaan yang dilakukan oleh media siber; semua tak luput dari jeratan pasal 27 ayat 3 UU ITE ini.

Nah, agar kita selamat dari jeratan hukum itu dan juga sebenarnya bukan hanya sekedar menghindari jerat hukum saja, melainkan juga kode etik ini bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam dunia per-bloggingan, langsung aja disimak yaa..

1. Blogger tidak memuat suatu artikel yang bersifat “plagiat”; dalam bentuk apapun, dengan pengecualian, jika mengutip tulisan/foto/video/dll dari blog lain; wajib menyebutkan sumbernya beserta link sumber.

2. Blogger menggunakan sumber pendukung tulisan (misal : foto, video, music) dari sumber legal dan tidak menggunakan material yang bersifat “Copyright” kecuali ada izin dari pemilik hak cipta tersebut.

3. Blogger menjunjung tinggi hasil karya orang lain, dan wajib memberikan penghormatan terhadap sebuah Copyright material.

4. Blogger tidak menggunakan identitas palsu, baik dalam blognya; dan atau social media miliknya yang digunakan untuk penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

5. Blogger menjunjung tinggi hak kebebasan berekspresi yang dilindungi undang-undang, namun juga menghormati bahwa orang lain juga memiliki kebebasan untuk mendapatkan hak azasinya.

6. Blogger tidak membuat postingan atau komentar yang bersifat SARA, dan sengaja dimaksudkan untuk menghina, melecehkan, mengancam, mengadu domba satu sama lain.

7. Blogger tidak membuat sebuah postingan yang sifatnya mengajari orang lain untuk sebuah tindakan kejahatan yang bersifat ilegal, misalnya membuat blog unduhan film/lagu/karya sastra yang memilik hak cipta – atau postingan yang mengajari trick hacking, dll.

8. Blogger segera meralat atau meminta maaf, jika ternyata publikasinya terbukti memiliki kesalahan yang merugikan orang lain ataupun pihak-pihak yang terkait.

9. Blogger sebisa mungkin membuat sebuah postingan yang bersifat informatif, inspiratif, dan dapat menjadi sumber pengetahuan bagi orang lain.

10. Blogger mengakui, menghormati, dan menghargai hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar.

11. Blogger tidak menyebarkan sesuatu informasi yang sifatnya belum jelas dan belum dapat diverifikasi kebenarannya.

12. Blogger dapat mengadopsi Kode Etik ini, kedalam medium non-Blog yang dimilikinya, misalnya medium Social Media miliknya.

Nah, sekarang kamu tentunya siap menjadi seorang Blogger yang beretika, bukan? (/@agoezperdana-2014)

Komentar Via Facebook

4 thoughts on “Kode Etik Blogger

  1. yogaberyoga berkata:

    think before you post…. itu

    1. Agoez Perdana berkata:

      Ada yang kurang, Kalian luaarrr biasa… ITU!

      Wakwaww..

  2. Ehwansah Jailani berkata:

    semoga aja saya tetap menjadi warga blogger yang baik….
    makasih bang infonya… sangat penting ne buat para blogger di indonesia..

  3. Blogjurnalis berkata:

    Ironisnya banyak yang mengaku blogger, tapi kontennya copy paste..
    Hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website