Home » ARTIKEL PILIHAN » Jangan Taruh Informasi Privacy di Social Media!

Jangan Taruh Informasi Privacy di Social Media!

Ilustrasi | courtesy : cyberalert.com

Ilustrasi | courtesy : cyberalert.com

Sobat Blogger, tentu kamu memiliki akun Social Media termasuk Blog kan? Nah, biasanya dibeberapa Social Media ada kolom data isian Contact Information yang harus diisi. Banyak yang mengisikan Contact Information itu dengan data yang bersifat privacy, misalnya : alamat rumah dan nomor ponsel.

Atau ada juga yang menghubungkan semua akun keluarganya, mulai suami, istri, anak, sepupu, dan kerabat lainnya. Tapi Sobat Blogger pernah tahu gak kalau sebenarnya sangat tidak disarankan untuk memasukkan semua data privacy kamu di akun Social Media maupun di Blog yang kamu miliki.

Kenapa? Karena kamu gak akan pernah tahu siapa yang menjadi teman atau followermu, namanya dunia maya sama seperti dunia nyata juga tentu dipenuhi oleh orang baik dan juga orang jahat. Nah, kebayang gak kalau informasi data privacy kamu digunakan oleh orang jahat?

Informasi privacy ini, termasuk juga sebaiknya jangan memposting foto-foto atau video koleksi kamu yang sifatnya privacy. Memposting foto anggota keluarga, termasuk anak-anak misalnya, sebaiknya tidak kamu lakukan. Walau sekedar untuk lucu-lucuan saja dengan teman-teman kamu, karena tindak kejahatan pun bisa terjadi dengan seseorang memantau aktifitas kita di Social Media, misalnya penculikan. Sesuatu yang mungkin selama ini tidak pernah kita sadari. Intinya jangan mengumbar semua aktifitas sehari-hari kamu di Social Media, pilahlah mana sesuatu yang layak diketahui publik dan mana yang cukup hanya kamu saja yang tahu.

Sebaiknya untuk Contact Information, cukup cantumkan saja alamat email kamu; sehingga orang tetap bisa menghubungi kamu, seandainya mereka butuh berkomunikasi dengan kamu. Jadi please be smart Social Media user yaa..

Nah, berikut ini ada sebuah film pendek yang berjudul “The Friend”, yang bercerita bagaimana sesorang bisa berbuat jahat hanya dengan memantau akun Social Media kamu, happy watching! (@/agoezperdana-2014)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website