Home » ARTIKEL PILIHAN » Ini Tips Membeli Kartu Perdana Biar Gak Ketipu

Ini Tips Membeli Kartu Perdana Biar Gak Ketipu

paket-xtra-on-5-gb-xl

Sobat Blogger, kebutuhan mobile internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari yah. Disaat kuota data habis, rasanya seperti akhir dari dunia. Karena kita jadi gak bisa chatting dengan kolega, atau browsing mendapatkan informasi.

Nah, kartu seluler dengan kuota data sudah melengkapi hidup kita. Baik memang ada satu nomor khusus yang kita pakai dan beli paket data, ataupun beli kartu selular perdana yang banyak dijual dimana-mana. Bahkan sampai ada yang jualan didalam mobil dan ngetem dipinggir jalan, seperti yang jamak ditemui di seputaran kawasan Jalan Dr Mansyur, Kampus USU; dan kawasan-kawasan lain di kota Medan, juga di seluruh kota di Indonesia.

Buat Sobat Blogger yang punya kebiasaan beli kartu hanya untuk pakai kuota data, ini tips berguna buat kamu agar terhindar dari hal-hal yang bikin kesal, misalnya ketipu. Lho koq bisa? Ya bisa aja.

1. Saat membeli kartu dengan kuota data didalamnya, jangan lupa cek dan pastikan masa berlaku kartu tersebut, baik masa berlaku kartunya maupun masa berlaku paket datanya. Jangan cepat percaya pada si penjual, baiknya minta cek dulu sampai kapan masa berlaku kartu/paket data sebelum kamu membeli kartu tersebut. Karena saya pernah mengalami, beli kartu data; terus si penjual bilang masa berlakunya 30 hari dan saya gak cek pas beli. Saat nyampe rumah kartu dipasang di smartphone, dan cek ternyata masa berlaku paket datanya tinggal 20 hari lagi, huhh.. ketipu! Paling gak rugi 10 hari pemakaian.

2. Jangan cepat tergoda dengan bonus kuota data puluhan GB, pastikan apakah bisa dipakai 24 jam; atau hanya bisa dipakai di jam tertentu biasanya larut malam saat kita tidak memerlukan pengunaan smartphone. Yakin kamu mau beli kartu dengan bonus data puluhan GB, tapi yang bisa dipakai siang hari hanya 500 MB ??. Begitu juga operator yang menawarkan paket data unlimited, sebenarnya gak benar-benar unlimited karena biasanya ada yang namanya FUP (Fair Usage Policy), yaitu batas penggunaan normal sebelum speed diturunkan karena sudah over kuota. Jadi jangan gampang termakan promo dari provider selular yah.

3. Jika smartphone kamu menggunakan kartu micro SIM, jangan lupa minta potong kartunya pada si penjual. Layanan potong kartu micro SIM ini biasanya gratis koq. Kan gak lucu, pas mau pasang di smartphone kamu harus potong dulu sendiri kartunya dengan gunting atau cutter. Plus, jangan buang sisa potongan kartunya, karena bisa jadi kamu perlukan untuk dipasang lagi di gadget lain yang belum support micro SIM.

4. Sebelum memutuskan membeli kartu dari provider yang mana, bandingkan dulu masing-masing paket data yang ditawarkan oleh provider tentunya bandingkan dengan harganya. Jangan ragu juga bandingkan harga antar toko ataupun mobile store, karena biasanya harganya bisa beda-beda.

5. Pastikan provider selular yang kamu beli kartunya, sinyalnya bagus di wilayah kamu. Baik sinyal 2G/3G maupun 4G LTE. Gak lucu kan udah beli kartu data dengan isi kuota puluhan GB, tapi sinyalnya endret-endret, hehehe..

6. Jangan lupa registrasikan kartu perdana yang kamu beli ya, selain taat peraturan; juga untuk menghindari penggunaan kartu perdana untuk hal-hal yang melanggar hukum.

Itulah tips membeli kartu perdana biar gak ketipu, mudah-mudahan berguna ya 😀 (/@agoezperdana-2015)

Komentar Via Facebook

2 thoughts on “Ini Tips Membeli Kartu Perdana Biar Gak Ketipu

  1. Dewi berkata:

    Sederhana tapi penting banget

  2. molly berkata:

    Ok ini tips nya… semua di cek dulu supaya nyaman pas pakai paket data dan voice call nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website