Home » PRESS ROOM » Ini Beragam Prinsip Dalam Pedoman Perilaku Jurnalis Indonesia

Ini Beragam Prinsip Dalam Pedoman Perilaku Jurnalis Indonesia

baru-dicetak-1-000-eksemplar-khusus-untuk-anggota-aliansi-jurnalis-independen-aji-januari-2010-insya-allah-akan-dicetak-mizan-untuk-umum

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Pada diskusi Pedoman Perilaku Jurnalis Indonesia, Koordinator Divisi Advokasi, Agoez Perdana, menjelaskan beberapa Pedoman Perilaku Jurnalis Indonesia yang dibahas berupa prinsip Independensi artinya seorang reporter harus mempunyai sikap yang jujur, tak terpengaruh oleh pihak manapun dalam menentukan topik, angle, narasumber dan isi berita serta tidak menjadi organisasi yang ia liput.

“Tak hanya itu, dalam pedoman tersebut kami membahas secara terperinci tentang prinsip lainnya, seperti Imparsialitas, prinsip Fainess, prinsip tidak beritikad buruk, prinsip akurasi, hubungan dengan nara sumber dan kegiatan sampingan serta uang, fasilitas dan hadiah, misalkan seorang wartawan tak boleh menerima uang diatas Rp 100 ribu dari sumber berita,” ungkap Agoez Perdana, di kantor Tribun Medan, Rabu (26/3/2014).

Ia menuturkan dalam pedoman tersebut turut diatur kompetisi dan kontes yang diikuti jurnalis. Seorang jurnalis tidak dibenarkan mengikuti kompetisi yang disponsori oleh individu atau kelompok yang memiliki kepentingan langsung dengan peliputan medianya. Bahkan dalam menggunakan hak politik seorang jurnalis dilarang aktif di ranah politik seperti berkampanye, mendukung calon, memperlihatkan keberpihakkan.

“Untuk mengantisipasi atau mengatasi konflik kepentingan dalam liputan ekonomi. Maka jurnalis yang bertugas di ekonomi, akan diwajibkan melaporkan secara tertulis kepada atasan lembaga media tempat ia bekerja, tentang kepemilikan saham serta surat berharga lainnya sebelum penugasan. Bagi saya keputusan ini perlu agar lebih independen karena wartawan punya akses yang luas untuk mencari informasi berkaitan dengan jual beli saham. Ketentuan ini untuk menjaga prilaku wartawan yang bertugas di liputan ekonomi khusus di BEJ,” katanya.

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website