Home » INSPIRASI » Guru 2.0 : Cerdas, Kreatif, Inspiratif

Guru 2.0 : Cerdas, Kreatif, Inspiratif

Guru SMK/SMA se-Labuhan Batu yang mengikuti pelatihan TCDP

 

 

 

“Pak, mau tanya.. katanya facebook itu bisa membuat lupa waktu, dan lupa segalanya??”

 

 

 

Celetukan dari seorang bapak guru peserta pelatihan Teacher Competency Development Program (TCDP), yang diadakan 1-3 November 2012 di SMK Siti Banun, Rantau Prapat, Labuhan Batu, itu sontak membuat saya tersenyum mendengarnya.

“Nanti bapak akan tau sendiri jawabannya”, ujar saya. Materi tentang facebook sebagai salah satu interaksi lewat Social Media, memang turut diajarkan kepada guru-guru SMK/SMA se-Labuhan Batu yang mengikuti pelatihan tersebut.

Antusiasme para guru-guru terlihat sangat tinggi, walau sebagian dari mereka masih awam dengan komputer; namun hal itu tidak menyurutkan langkah mereka untuk belajar. Para trainer, termasuk saya, dibantu beberapa orang assisten trainer dengan sabar membimbing mereka untuk mempelajari Internet, Email, Search Engine, dll.

Pelajaran tak kalah penting dalam pelatihan TCDP tersebut, yaitu tentang PowerPoint. Diharapkan guru-guru bisa memanfaatkan sarana belajar multimedia dengan menggunakan slide presentasi, sehingga cara belajar ‘old school’  menggunakan papan tulis atau whiteboard dapat mulai ditinggalkan.

Dengan menggunakan slide presentasi, para guru bisa memasukkan unsur multimedia, seperti gambar, foto, audio, maupun video ketika mengajarkan suatu materi ajar kepada anak didik mereka. Sehingga akan memperkaya pemahaman serta wawasan peserta didik.

Pada pelatihan tersebut, para guru peserta pelatihan pun berkesempatan langsung praktik mengajar di depan kelas menggunakan slide presentasi PowerPoint. Sehingga kelak mereka terbiasa menggunakannya. Praktik mengajar ini dibalut dalam kemasan ‘Lomba Presentasi Mata Pelajaran’ dengan hadiah 3 (tiga) buah flashdisk untuk 3 orang guru terbaik dalam menyiapkan maupun mempresentasikan slide mata pelajarannnya. Sebagai juri dalam lomba ini adalah para siswa yang langsung memberikan penilaian.

Kesungguhan mereka belajar sangat patut diacungi jempol. Keingintahuan mereka tentang Internet dan PowerPoint membuat saya dan para assisten trainer juga turut bersemangat mentransfer ilmu kepada mereka.

“Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada Djalaluddin Pane Foundation serta AT-TIK (Armada Trainer – Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang telah mengadakan pelatihan TIK ini, sehingga kami kini mampu mengajar dengan cara yang lebih baik dan lebih menarik”, ujar seorang ibu guru peserta pelatihan.

“Selamat datang di dunia dengan teknologi 2.0 bu…”. ucap saya dalam hati. Senang rasanya para guru 2.0 yang cerdas, kreatif, inspiratif kini memiliki kompetensi TIK yang sangat baik, dan telah mampu mengajar di kelas belajar multimedia. (/@agoezperdana-2012)

Trainer sedang mengajarkan tentang materi ‘Tips & Trick PowerPoint’

Para guru peserta pelatihan TCDP serius mengikuti arahan trainer dalam ‘Lomba Presentasi Mata Pelajaran’

Salah satu guru sedang beraksi dalam ‘Lomba Prsesentasi Mata Pelajaran’

Ice Breaking ‘Rebutan Kursi’

Foto Bersama Adalah Suatu Kewajiban Yang Gak Boleh Ditinggalkan!

Komentar Via Facebook

2 thoughts on “Guru 2.0 : Cerdas, Kreatif, Inspiratif

  1. Nich berkata:

    Aseeek.. guru-guru melek ITC itu emang penting, bang. Salut sama abangda sekalian yang berkesempatan terjun dan berkontribusi demi kemajuan.

    1. agoezperdana berkata:

      @Nich : awak pun masih belajar, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website