Home » INSPIRASI » Being A Good Leader

Being A Good Leader

Apakah anda ingin menjadi seorang pemimpin? Atau sekarang sedang menjadi pemimpin? Apakah selain keinginan, anda sudah merasa memiliki skill “leadership”? leadership adalah sesuatu yang bersifat bakat, anda tidak akan serta merta tiba-tiba menjadi seorang pemimpin.

Lihatlah Curriculum Vitae para pemimpin sukses, rata-rata mereka pasti memiliki riwayat sebagai seorang “leader”. Entah itu ketua kelas, pengurus sebuah organisasi, atau memiliki segudang prestasi membanggakan. Jika anda memiliki kompetensi-kompetensi tersebut, Selamat! Dapat dipastikan dalam darah anda mengalir bakat seorang “leader”.

Bagaimana jika anda tidak memiliki riwayat sesuatu yang membuat orang memandang anda sebagai seorang pemimpin? Bisakah leadership dipelajari? Jawabannya, Bisa!

Untuk menjadi seorang pemimpin anda harus belajar menjadi seorang bawahan, banyak pemimpin sukses menapak karir ke jenjang tertinggi, memulai dari bawah.

Menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin formal misalnya Presiden, Menteri, Gubernur, Walikota, Lurah, Kepala Desa, Komisaris, Direktur, Manager, atau sekedar menjadi seorang Supervisor, anda tetaplah disebut seorang leader.

Pun jika anda menjadi pemimpin informal misalnya menjadi seorang Ketua RT, Kepling, atau Ketua sebuah organisasi kemasyarakatan.

Apa syarat yang harus ada dalam diri anda untuk menjadi seorang pemimpin yang baik?

1. Kemampuan Komunikasi Yang Baik;

Seorang leader harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik apalagi ia memimpin beberapa divisi-divisi. Ia harus mampu menjembatani komunikasi antar divisi yang mungkin saling bertentangan. Seorang leader yang baik harus memiliki tutur kata yang santun, namun tetap tegas dan berwibawa.

2. Wawasan Yang Luas;

Anda dipilih menjadi seorang leader karena sebuah alasan: anda jauh lebih tahu. lebih memiliki kompetensi, dan lebih menguasai sesuatu bidang, dibanding mereka yang anda pimpin. Atau dengan kata lain, sebagai seorang leader anda menjadi seorang pembimbing dari orang-orang yang anda pimpin.

3. Memiliki Ketahanan Mental Di Atas Orang Kebanyakan;

Menjadi seorang pemimpin berarti anda harus siap memikul beban tanggung jawab yang besar. Menjadi seorang leader adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan. Dengan menjadi seorang pemimpin anda akan sering sehari-hari menghadapi tekanan-tekanan pada diri anda. Kuatkan mental anda, karena jika mental anda lemah maka orang lain akan siap menggantikan posisi anda.

4. Dengarkan Anak Buah Anda;

Anda pasti ingin orang-orang yang anda pimpin mengikuti “apa kata anda” dan menghormati anda bukan? Hanya satu caranya untuk mendapatkan hal itu, dengarkan anak buah anda dan pasti anda akan didengarkan.

5. Jadilah Teladan;

Jika anda ingin agar peraturan yang anda buat dalam sebuah organisasi formal atau informal dipatuhi orang lain, maka andalah orang pertama yang harus mematuhi peraturan-peraturan itu. Berikanlah teladan yang baik, dalam sikap, perilaku, perkataan, bahkan sekedar cara berpakaian.

6. Kendalikan Emosi Anda;

Ketika anda menghadapi sebuah masalah dalam masa kepemimpinan anda, tetaplah berpikir dengan jernih untuk mencari solusinya. Emosi hanya akan membuat anda stress dan depresi, dan dapat membuat anda sakit secara fisik & mental.

7. Jangan Menjadi Pemimpin Otoriter;

Sejarah mencatat tak ada seorang pemimpin otoriter yang langgeng; Adolf Hitler, Idi Amin, Mussolini, Stalin, Saddam Husein, jatuh karena mereka berubah menjadi seorang monster diktator ketimbang pemimpin yang dicintai rakyatnya. Pemimpin otoriter hanya menciptakan musuh dimana-mana, dan dengan memiliki musuh berarti banyak orang yang akan selalu menjatuhkan anda dari tampuk kepemimpinan. Jadilah pemimpin yang demokratis, jadikanlah kawan anda menghormati anda, dan lawan anda menyegani anda.

8. Tidak Ada Manusia Yang Hidup Abadi;

Ingatlah satu hal: anda tidak akan selamanya menjadi pemimpin, suatu saat akan tiba masa dimana anda pada akhirnya tidak akan menjadi apa-apa. Persiapkan diri anda dengan baik, agar anda tidak mengalami “Post Power Syndrome”

Jika syarat diatas sudah ada dalam diri anda, Selamat! Anda berhak menyandang gelar “Good Leader” pertahankan serta hargai prestasi dan jenjang yang telah anda lewati untuk menjadi seorang pemimpin.

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website