Home » ARTIKEL PILIHAN » Apa Yang Membuat Produk Anda Berbeda? BRAND!

Apa Yang Membuat Produk Anda Berbeda? BRAND!

Pernahkah anda ingin membeli suatu produk dan dihadapkan atas beberapa piliihan, produk mana yang kira-kira  akan anda pilih untuk dibeli? Misalnya, anda mau beli air mineral di swalayan. Di etalase ada beberapa BRAND air mineral; kira-kira apa pertimbangan anda dalam membeli?

Ada dua hal yang biasanya menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah BRAND :

1. Brand Quality;

2. Harga;

Pasti anda akan dihadapkan pada 2 pilihan ini.

Apakah anda akan pilih beli AQUA yang harganya lebih mahal, tapi BRAND Quality-nya bagus? atau beli air mineral “tak bermerek” yang murah? Masing-masing orang pasti punya pilihan, ada yang pilih BRAND Quality tanpa perduli harga; ada juga yang bilang, “ah, kan sama-sama air?” beli yan g murah aja!

Nah lantas pertanyaannya, bisakah saya punya BRAND dengan BRAND Quality yang bagus namun harga jualnya murah? BIsa, jika modal anda besar! Menjual produk dengan BRAND Quality bagus namun harga murah, secara jangka pendek anda akan rugi; namun secara jangka panjang bisa untung. Namun, kalau modal anda tak cukup kuat, jangan coba-coba jualan produk BRAND Quality bagus dengan harga murah, resikonya anda bisa bangkrut!

BRAND yang bagus setidaknya memiliki 3 syarat ini : STP, KUALITAS, PURNA JUAL; jika BRAND anda punya 3 hal ini maka konsumen pasti memilih membeli produk & layanan BRAND anda. Untuk sebuah BRAND baru yang masuk ke pasar, usahakan harga jual anda jangan mahal-mahal. Pembeli sekarang cenderung cerewet soal harga.

Jangan memaksa menjual produk yang harganya mahal,sementara banyak pemain yang menjual produk yang sama dengan harga lebih murah. Sama saja anda bunuh diri. Pengusaha bermodal besar cenderung merusak harga pasar dengan membuat harga jual suka-suka, jika BRAND anda tak sanggup hadapi persaingan harga, waspadalah! Hati-hati jika BRAND anda termasuk type yang suka merusak harga pasar, bisa-bisa anda berurusan dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha :)

Membangun BRAND adalah sebuah usaha yang butuh perjuangan, berikan layanan terbaik & unique dari BRAND anda agar konsumen melirik anda. Jika usaha anda belum punya BRAND, buatlah segera! BRAND menjadi sebuah identitas dimana pelanggan mengenali produk dan layanan anda.

BRAND juga menjadi sebuah identitas bagi sesama pemain produk yang sama, BRAND mana yang akan dipilih konsumen? tentunya BRAND terbaik! Misalnya anda jualan SATE atau SOTO, jangan hanya modal gerobak. Beri nama usaha anda, misal: SATE GOYANG LIDAH, atau SOTO CAK KUMIS.

Usahakan pakai nama BRAND yang belum ada memakainya, agara BRAND anda menjadi unique. Usahakan daftarkan hak cipta merek dagang anda. Daftar merek dagang bisa ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM, bisa lihat infonya di —> http://www.dgip.go.id

Jangan lupa, dalam setiap kesempatan, komunikasikan BRAND anda dengan semua orang. Percayalah, perlahan-lahan BRAND ini akan identik dengan anda! (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website