Home » PRESS ROOM » Agoez Perdana : Verifikasi Merupakan Kebenaran

Agoez Perdana : Verifikasi Merupakan Kebenaran

[SuaraKampus.com] Verifikasi Jurnalistik merupakan disiplin yang berurusan dengan proses pencarian kebenaran (Truth). Verifikasi adalah ruas jalan yang harus ditempuh dalam upaya pencarian kebenaran dan verifikasi merupakan roh jurnalistik.

Hal ini disampaikan Agoez Perdana, Koordinator divisi advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan. Dalam Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa (Pena Persma) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika, IAIN Sumatera Utara di Aula Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Utara, Selasa (29/10/2013).

Menurut Agoez, “Karakteristik media Online adalah cepat dan aktual. Media Online jarang melakukan verifikasi karena membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan berita. Oleh karena itu, maka perlu adanya disiplin dalam verivikasi jurnalistik tersebut,” ujar Agoez.

Agoez menambahkan bahwa disiplin dalam melakukan verifikasi membuat seorang wartawan mampu melakukan penyaringan terhadap desas-desus, gosip, ingatan yang keliru, manipulasi data serta akan dapat mendapatkan informasi yang akurat.

“Hal ini yang membedakan jurnalisme dengan hiburan, propaganda, fiksi dan seni. Hanya fakta yang diangkat, bukan apa yang ingin didengar oleh masyarakat baik itu dalam menyampaikan kebaikan atau keburukan,” jelas Agoez.

Kegiatan kali ini diikuti 14 orang peserta yang berasal dari Lembaga Pers Mahasiswa se-Indonesia.

sumber : http://suarakampus.com/?mod=berita&se=detil&id=1742

Komentar Via Facebook

2 thoughts on “Agoez Perdana : Verifikasi Merupakan Kebenaran

  1. Wahyu Blahe berkata:

    Cover Both Side, malah membuat tidak ‘benar’
    hahahaha..

    1. Agoez Perdana berkata:

      Kalau gak salah ente kan jadi pembicara juga kan di acara ini? koq gak ada foto ente dibuat orang itu? hahaha..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website