Batas Mulai Puasa Itu, Imsak atau Adzan Subuh??

Seringkali terjadi perdebatan mengenai batas waktu kapan puasa mulai dimulai, apakah saat ‘Imsak’ atau ‘Adzan Subuh’ ? masing-masing orang tentu berpegang pada dalil yang diketahuinya. Tapi disini saya tidak ingin mengulik persoalan khilafiyah itu dari sisi dalil atau agama, karena saya ini blogger bukan ustadz apalagi kiay, hehehe…

Secara pribadi saya termasuk orang yang membenarkan dua pendapat ini. Tak ada yang salah, dan tidak jadi ukuran juga sah atau tidaknya puasa seseorang. Karena pada hakekatnya diterima atau tidaknya puasa seseorang itu hanya Allah SWT yang tahu, tak ada seorang manusiapun yang bisa men-judge puasa seseorang sah atau tidak, diterima atau tidak; bahkan tidak juga oleh para malaikat.

Dasar dari pemahaman ini, menurut saya bisa dijelaskan sebagai berikut; zaman Rasulullah memang tidak ada istilah ‘Imsak’. Saya pun tak tahu pasti kapan istilah ‘Imsak’ mulai ada dan populer di kalangan umat muslim.

Namun ada baiknya juga ketika ‘Imsak’ bisa dianalogikan laksana lampu kuning pada traffic light.‘Lampu kuning’ berarti kita bersiap untuk mulai memasuki saat harus meninggalkan makan & minum termasuk hal lainnya yang membatalkan puasa atau menghilangkan pahala puasa.

Saat anda masih makan sementara waktu imsak sudah masuk, bukan berarti anda lantas langsung berhenti makan sahur; anda masih boleh makan minum namun harus segera mempercepat dan menyelesaikan makan dan minum agar batas waktu mulai puasa tidak terlewati yang menjadikan puasa anda batal. Nah, Adzan Subuh bisa dianalogikan sebagai ‘lampu merah’ waktu kita harus benar-benar meninggalkan makan dan minum, termasuk hal lain yang bisa membatalkan puasa.

Sampai disini, rasanya persoalannya selesai dan tak perlu diperdebatkan lagi. Yang salah justru adalah orang yang tidak puasa pada hari itu, sementara tidak ada sesuatu halangan yang menjadikannya tidak wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi pencerahan, apapun paham atau dalil yang anda pegang berkaitan dengan perkara batas waktu mulai puasa ini. Selamat berpuasa, semoga puasa kita diterima Allah SWT dan senantiasa membawa keberkahan. (/@agoezperdana-2012)

Komentar Via Facebook