Asyiknya Sahur dan Berbuka Puasa Di Zona Waktu Yang Berbeda!

Bulan puasa adalah bulan yang dimuliakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Semua orang berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah dibulan suci penuh rahmat dan maghfirah ini. Dalam ritual Ramadhan utamanya adalah ‘Berpuasa’ tidak makan dan minum dari mulai subuh hingga maghrib.

Untuk wilayah Indonesia rata-rata dalam satu hari orang yang berpuasa, menahan lapar dan haus selama lebih kurang 12 jam. Karena ada 3 (tiga) zona waktu yang berbeda di Indonesia, jadilah ada perbedaan waktu sahur dan berbuka puasa mengikuti waktu sholat setempat.

Biasanya saya berpuasa mengikuti ‘Waktu Indonesia Barat’, karena saya bermukim di kota Medan. Namun bulan Ramadhan 1433 H tahun 2012 kali ini sedikit istimewa bagi saya, karena saya sedang ditugaskan dikantor pusat Jakarta, jadilah saya harus mengikuti zona waktu Jakarta, yang walaupun tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Medan, namun waktu sholat di Jakarta lebih cepat dari Medan.

Hal ini tentu berimbas pada waktu sahur dan berbuka puasa di kedua kota ini yang berbeda. Ketika berada di Medan saya sahur sekitar jam 04.00 wib dinihari, karena waktu imsak (batas waktu meninggalkan makan minum dan yang bisa membatalkan puasa) di Medan sekitar jam 04.52 wib. Sementara di Jakarta sahurnya lebih cepat sekitar jam 03.30 dinihari karena waktu imsaknya juga lebih cepat yaitu jam 04.35 wib.

Waktu berbuka puasa di kedua kota juga berbeda, di Medan waktu berbuka puasa mengikuti waktu adzan maghrib yaitu sekitar jam 18.43 wib – sementara waktu berbuka dan adzan maghrib di Jakarta sekitar jam 17.57 wib.

Nah, pada saat tertentu ketika saya berada di Medan untuk sahur, sementara saat berbuka saya telah berada di Jakarta. Jadilah waktu berbuka puasa saya lebih cepat 45 menit (dapat diskon waktu, hehehe…) Bagaimana ini bisa terjadi? Ya jawabannya simpel, saya melakukan perjalanan dengan pesawat udara dari Medan ke Jakarta. Loh, koq kurang kerjaan amat sih?? ya gak kurang kerjaan lah bro! soalnya kan saya bolak balik Medan – Jakarta dalam rangka perjalanan dinas dari kantor tempat saya bekerja.

Emang sih, gak begitu sering saya dapat diskon waktu berbuka puasa lebih cepat seperti ini. Tapi saat mengalaminya, saya bersyukur dalam hati waktu puasa saya menjadi lebih pendek daripada waktu normalnya. Untungnya saya belum pernah mengalami sebaliknya, sahur di Jakarta dan berbuka puasa di Medan. Alamat gawat kalau kejadian seperti itu karena itu berarti waktu puasa saya akan semakin panjang! Hehehe… (/@agoezperdana -2012)

Komentar Via Facebook