10 Alasan Mengunjungi Selangor

Ketika mendengar nama Selangor, mungkin masih banyak yang merasa ‘asing’, terutama bagi pelancong dari Indonesia. Nama Selangor memang tak sepopuler Penang, dan Kuala Lumpur; destinasi utama pelancong Indonesia dengan tujuan perobatan dan pendidikan. Tapi tahukah kamu kalau ibukota negara wilayah persekutuan Malaysia, Kuala Lumpur itu terletak di negara bagian Selangor??

Bahkan sirkuit Formula 1 yang terkenal, Sepang International Circuit juga berada di negara bagian Selangor, Malaysia. Bandara utama Kuala Lumpur International Airport dan Subang Airport juga berada di wilayah kerajaan Selangor. Jadi bisa dikatakan Selangor adalah bagian terpenting dari Malaysia itu sendiri.

Untuk menuju Selangor dari Indonesia, bisa menggunakan berbagai maskapai. Terutama adalah maskapai Firefly yang terbang ke Sultan Abdul Azis Shah Subang Airport, yang dekat dengan pusat kota Shah Alam. Sementara Malaysia Airlines dan AirAsia melayani rute dari Indonesia ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport) yang terletak sekitar 20 KM dari pusat kota Shah Alam.

Ada 10 alasan kenapa kamu harus mengunjungi Selangor, apa sajakah itu??

1.     Homestay

Banyak tersedia penginapan, resort, hotel di Selangor. Mulai dari penginapan untuk Backpackers dengan budget rendah hingga hotel berbintang dengan layanan internasional. Untuk homestay di Selangor, pelancong dari Indonesia tidak perlu lagi menggunakan Visa, karena seluruh negara Asean telah membebaskan kewajiban Visa bagi pelancong dari lingkup negara serumpun. Hal ini tentu membuat kamu bisa bersantai dalam jangka waktu yang lama untuk menikmati keindahan Selangor.

2.     M.I.C.E (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition)

Buat kamu para pebisnis, tentunya adanya kemudahan dalam mengadakan dan mengorganisir M.I.C.E akan membuat bisnis kamu semakin baik. Pemerintah setempat beserta Event Organizer professional tentunya siap membantu untuk apapun kebutuhan kamu di bidang M.I.C.E

3.     Olahraga

Nah, buat kamu para penggiat olahraga; Selangor tentunya juga wajib kamu jadikan destinasi wisata di bidang olahraga. Beragam macam olahraga dapat kamu lakukan di Selangor, mulai bermain sepakbola, badminton, sekedar fitness, hingga bermain golf dengan rekan bisnis. Stadion-stadion megah serta sarana olahraga terbaik pasti akan kamu dapatkan di Selangor plus lapangan golf kelas dunia.

4.     Pendidikan

Sebagai negara bagian dimana pusat pemerintahan Malaysia, Kuala Lumpur berada, rasanya tak salah kalau Selangor juga menjadi salah satu tujuan pendidikan yang wajib untuk dimasukkan kedalam rencana pendidikan kamu. Pemerintah setempat telah mengakomodir berbagai Universitas maupun Akademi, dengan berbagai bidang studi pilihan serta berbagai jenjang pendidikan yang lengkap. Pun beragam universitas swasta berkualitas internasional dapat kamu temui di Selangor. Jarak Selangor yang dekat dengan Indonesia tentu membuat biaya pendidikan menjadi terjangkau. Kultur dan rumpun yang mirip dengan Indonesia juga akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan diri.

5.     Perobatan

Bidang perobatan memang menjadi salah satu unggulan daya tarik tersendiri bagi Malaysia. Setiap tahun banyak pelancong dari Indonesia yang datang ke Malaysia untuk memperoleh layanan perobatan terbaik dari dokter-dokter yang professional. Di Selangor tersedia banyak pilihan rumah sakit dengan layanan terbaik. Pelayanan rumah sakit yang ada di Selangor juga telah banyak yang mengakui sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

6.     Warisan Budaya

Selangor juga menyimpan banyak situs-situs warisan budaya berusia ratusan tahun yang terawat dengan baik hingga kini. Siapkan kamera kamu dan smbil moment kenangan indah tak terlupakan berlatar belakang situs warisan budaya dengan segudang cerita, hanya di Selangor.

7.     Arena Permainan dan Theme Park

Untuk kamu yang menyukai berbagai permainan dan hiburan yang menarik, Selangor adalah surganya. Tersedia berbagai permainan hingga theme park yang bisa kamu kunjungi bersama sahabat-sahabat terbaik kamu.

8.     Shopping

Selangor juga menjadi pusat surga belanja, dengan berbagai mall, plaza, pusat perbelanjaan yang menawarkan merek-merek ternama dunia dengan harga yang kompetitif. Siapkan dana belanja kamu dan nikmati belanja sepuasnya di Selangor!

9.     Wisata Alam

Buat kamu penggila wisata alam dan yang menyukai alam terbuka, tak salah jika kamu mengunjungi Selangor. Hutan-hutan wisata, sungai yang bersih akan membuat kamu betah berlama-lama. Memancing, rekreasi, hingga melakukan olaharaga ekstrim macam rafting pun bisa kamu lakukan di Selangor.

10.Kuliner

Sebuah lokasi wisata tentu tak lengkap jika tak ada wisata kuliner. Selangor adalah surga kuliner. Segala macam menu makanan dan minuman; ala Amerika, Eropa, China, India, Jepang, hingga Thailand dapat kamu temukan dengan mudah di Selangor. Makanan khas lokal juga siap memanjakan lidah kamu dengan rasa yang lezat dan bumbu rahasia yang akan membuat persahabatan kamu dengan pasangan maupun teman-teman semakin akrab.

Nah, itu adalah 10 alasan kenapa kamu harus mengunjungi Selangor. Eh, tapi bukan hanya itu saja yang bisa kamu lakukan di Selangor, karena Selangor juga memiliki 10 bangunan yang menjadi icon wajib untuk kamu kunjungi, penasaran dong apa aja sih?? Let’s see!

  1. Masjid Biru
  2. Bukit Malawati
  3. Galeri Kerajaan Sultan Abdul Azis
  4. Sunway Laguna
  5. Taman Firefly
  6. Biara Dong Zen
  7. Pantai Sepang Gold
  8. Gua Batu
  9. Institut Riset Kehutanan Malaysia
  10. Hutan Wisata Kanching

 

Jadi makin pengen kan untuk berkunjung ke Selangor?? So tunggu apalagi, siapkan paspor kamu, hubungi agen perjalanan dan rencanakan liburan menarik serta tak terlupakan di Selangor! (@/agoezperdana-2013)

 

 

Komentar Via Facebook

Related Posts

45 thoughts on “10 Alasan Mengunjungi Selangor

    1. @dinneno : iya, orang lebih kenal Kuala Lumpur dan Sepang. Padahal keduanya berada di Selangor. Lewat #myselangorstory mereka lagi gencarin promo pariwisatanya 😀 Btw blog-mu koq gak bisa diakses ya??

  1. Saya sudah tiga kali ke Selangor dan apa yang dipaparkan bung ini benar adanya. Selangor adalah negara bagian termakmur di Malaysia dengan mayoritas golongan oposisi terbesar kedua di negara Melayu itu. Di Selangor pula ada gereja Katolik yang merupakan kali pertama dalam sejarah negara itu.

    http://www.vinsensius.info

    http://vinsensius.info/index.php/2011/12/nasionalisme-bahasa-dan-bahasa-nasionalisme/

    http://vinsensius.info/index.php/2011/12/orang-melayu-di-negeri-melayu/

  2. Lagi-lagi kita harus belajar dari Negeri Jiran, negeri yang tidak pernah membeda-bedakan berdasarkan suku, agama, ras dan tetek bengeknya. Malaysia bisa maju karena mereka menyadari perbedaan tapi tetap berpikir wawasan kebangsaan bagaimana memajukan bangsanya. Sebelum Indonesia berjiwa besar seperti warga Jiran, maka Indonesia akan semakin tertinggal. Sense of hyper-competitiveness itu perlu bersanding dengan negara tetangga serumpun kita. Perbedaan bukan jadi sumber perkelahian tapi jadi trigger perlombaan yang baik dan bersahabat. Ulasan kunjungan wisata Selangor Mas Agoez bisa jadi acuan berkompetisilah kalau dari makna yang bisa kutarik. Tareekkk Bangg… 😀

    1. @alexander : Malaysia memang duluan maju dari Indonesia, kita harus banyak belajar dari mereka. Indonesia menurutku juga bisa meniru promo pariwisata Malaysia. Contohnya ngadain kompetisi blog macam ini, hehehe…

  3. ngeri,,,hehehhehe
    perjalanan yang menarik kawan,,,
    oh ya aku mw follow tp gk tw yg mana yah follow nya,,
    mampir ke blog saya yah,.. klo bisa difollow jg,,ehhehehehehhehe

    salam kenal 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *